Foto dan Video Shooting 0816-400-868 / WA 0813-7363-7833

Membuat Cover CD/DVD dengan Mudah

Senin, 30 Juli 2012

Untuk membuat cover kepingan CD/DVD saat ini sudah banyak program yang memberi fasilitas tersebut. Salah satu contohnya adalah Nero yang sudah sering kita dengar. Dari program program yang ada, dari pengalaman saya dalam pembuatan cover direpotkan dengan desain lingkaran yang selalu tidak tepat presisi dengan kertas cover media untuk ngeprint, sekedar berbagi berikut tips membuat cover CD/DVD :

1. Program yang di gunakan bisa memilih Photoshop, corel draw, power point atau ms word atau yang lainya.

2. Prinsipnya sudut kiri atas gambar presisi atau kurang sedikit saja beberapa mili dari sudut kiri atas kertas kerja. Ini nanti berguna dalam pengeprinan.

3. Dari hasil pengalaman pengukuran yang saya lakukan, kertas label CD/DVD standar yang ada dipasaran berukuran 13 x 27 cm yang dibagi menjadi dua lingkaran, jadi kita perkirakan tiap bagian lingkaran adalah 13x13,5 cm dalm bentuk persegi.

4. Buat kertas kerja dengan ukuran 13x13,5 cm sama seperti ukuran tiap bagian label.

5. Buatlah garis lingkaran tipis untuk acuan agar tulisan dan gambar yang kita inginkan masih masuk dalam area cetakan.

6. Buat gambar atau tulisan dalam kertas kerja tersebut, tidak perlu membuat gambar dalam bentuk lingkaran dan berlubang tengah. Biarkan saja dalam bentuk persegi dan tengah tetap bergambar.

7. Bila gambar sudah di buat sesuai dengan kenginginan anda maka siaplah untuk di print.

8. Penting dalam memilih ukuran kertas print. Kita mesti sesuaikan ukuran kertas menjadi tinggi 13,5 cm dan lebar 13 cm. Pastikan dalam pengukuran cm bukan inchi atau mm, atau silahkan conversi menjadi pengukuran twrsebut.

9. Pasang kertas cover di printer pada posisi paling kanan dan geser penyangga kertas printer sesuai ukuran kertas cover. Dan silahkan print.

10. Dengan beberapa percobaan insyaAllah anda akan mendapat hasil yang cukup menarik. Dan tinggal membuka cover lingkaran untuk di tempel pada CD atau DVD.


Selamat mencoba, semoga bermanfaat bagi kita semua. Dan bila rekan rekan punya tips lainya mari baerbagi bersama saya pada kotak komentar di bawah ini.


Bila rekan rekan membutuhkan jasa Phografer dan video shooting wilayah palembang dan banyuasin silahkan hubungi saya di 081373637833. Untuk info harga silahkan buka tab daftar paket di atas.


Published with Blogger-droid v2.0.4

1 komentar:

masrizalA mengatakan...

wah enak jg ya membuat label cd dg corel. thanks sob!

 
© Copyright 2009-2019 adilostudio All Rights Reserved.
Jl. Palembang-Pangkalan Balai Km. 29 Sembawa Kab. Banyuasin SUMSEL
HP.0813-7363-7833 e-Mail: adilostudio@gmail.com http://www.adilostudio.com